Kursi Dapil 2, 4 Bertambah, Dapil 5,6 Berkurang

Lombok Tengah, sasambonews.com - Ada yang menarik pada pemilu 2019 nanti. Sejumlah kursi di beberapa dapil ada yang bertambah dan ada yang berkurang kursinya. 

Kursi Dapil 2 Kopang-Janapria bertambah 1 kursi dari sebelumnya 8 kursi menjadi 9 kursi. Dapil 4 Praya Barat dan Praya Barat Daya juga bertambah dari 6 kursi menjadi 7 kursi. Namun penambahan kursi kedua dapil itu berdampak kepada dua dapil lainnya yakni Dapil 5 Jonggat Pringgarata dari 9 kursi menjadi 8 kursi dan Dapil 6 Batukliang Batukliang Utara dari 8 kursi menjadi 7 kursi. 

Divisi Teknis Penyelengaraan Pemilu KPU Loteng, Sansuri menjelaskan, di Kabupaten Lombok Tengah terjadi sedikit perubahan alokasi kursi anggota legislatif yang akan diperebutkan oleh para calon legislatif tingkat Kabupaten Loteng.


Dikatakan Sansuri, perubahan alokasi kursi terjadi mengikuti jumlah populasi penduduk di Loteng yang kini berjumlah 1.035.355 jiwa. Kemudian, di kedua dapil tersebut juga mengalami perubahan jumlah populasi penduduk, seperti Kopang-Janapria kini jumlah penduduknya mencapai 182.544 jiwa. 

Kemudian Praya Barat-Praya Barat Daya jumlah penduduknya kini sebanyak 142.439 jiwa. “untuk dapil lainnya komposisi wilayah setiap dapil tidak ada perubahan. Begitu pula jumlah kursi tidak ada perubahan masih 50 kursi,” pungkasnya. |dk

Subscribe to receive free email updates: