Karioka: ITDC Nusa Dua dan ITDC Mandalika Saudara Kandung

Nusa Dua,  sasambonews.com-   Indonesia Tourism Development Coorperation (ITDC) Nusa Dua  Bali dan Lombok. Itdc Nuasa Dua Bali adalah saudara kandung. hanya saja ITDC Bali adalah lebih tua usianya dibandingkan dengan adiknya ITDC Mandalika Lombok. "ITDC Bali dengan Lombok saduara kandung, keduanya satu ibu " kata Sekda Lombok Tengah, HM.Nursiah,S.Sos.M.Si di Nusa Dua Bali Jumat.

HM.Nursiah,S.Sos.M.Si, saat memimpin rombongan Study Tour Duta Lingkungan Hidup 2018 PWLT.Itdc The Mandalika Lombok mengatakan sebagai adik dari Itdc The Nusa Dua Bali, harus didukung oleh seluruh masyarakat Lombok khsusnya dan NTB pada umumnya sehingga bisa menandingi kemajuan Nusa Dua Bali. Dengan luasa lahan yang jauh lebih luas disbanding kawasan Itdc Nusa Dua Bali, maka diyakini Itdc Mandalika Lombok akan jauh lebih maju dan lebih baik.Kaitanya dengan kunjungan Study Tour Duta Lingkungan tersebut, selain sebagai salah satu motivasi bagi para finalis dan peserta, sekaligus sebagai ajang untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan tentang lingkungan, khususnya terkait dengan bagaimana Itdc Nusa Dua Bali mengelola lingkunganya.”Adek-adek Duta Lingkungan juga harus memperluas wawasan soal lingkungan itu, jangan hanya seputar kegiatan yang dilakukan di Desa Lantan beberapa waktu lalu,”katanya.

Namun lanjut Sekda, diperluas lagi soal bagaimana lingkungan sosial dan juga lingkungan ekonomi dengan membantu pihak Itdc  untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat lingkar Itdc The Mandalika Lombok yang ada di Desa Kuta Kecamatan Pujut dan sekitarnya. Sosialisasi itu seperti menyampaikan bagaimana mendukung dan memberikan pemahaman mengenai mamfaat pembangunan dikawasan tersebut.Terkait soal sosialisasi ini, Sekda mempunyai ide untuk sharing dengan pihak Itdc mengenai materi apa yang nantinya perlu unmtuk disosialisasikan terkait dengan KEK Mandalika tersebut yang nantinya ditindak lanjuti dengan mengumpulkan masyarakat sekitar lingkar kawasan The Mandalika Lombok.”Dengan demikian kita harapkan masyarakat memahami betapa pentingnya pembangunan kawasan itu sehingga pembangunan yang dijalankan Itdc bisa berjalan dengan baik,”harapnya.Untuk itu, Sekda beraharap agar pihak Itdc Bali bisa memberikan informasi seputar apa saja hal penting yang perlu diketahui kaitanya dengan lingkungan khususnya soal pengolahan limbah yang nantinya akan diberlakukan di kawasan The Mandalika Lombok. (dg)


Subscribe to receive free email updates: